BNN adakan BIMTEK P4GN untuk Penggiat Anti Narkoba di Babel

Photo 9-6-16, 9 34 59 AM

Pangkalpinang, 06 September 2016. | Strategi program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) ditengah-tengah masyarakat terus digencarkan oleh Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Bangka Belitung. Salah satu strategi BNNP di tahun 2016 yaitu memberikan bimbingan teknis kepada penggiat anti narkoba di Graha Natar Praja, Badan Diklat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bimbingan Teknis Bidang P4GN dihadiri oleh Kepala BNNP Kepulauan Bangka Belitung, Kombes Pol Drs. Ardhie Subandri, M.Si. Berdasarkan hasil penelitian PUTLITKES UI dan BNN Tahun 2015 menunjukan besaran estimasi prevelensi penyalahguna narkoba di provinsi Kepulauan Bangka Belitung turun 0,17% dari 1,85% (2014) menjadi 1.68% (2015).

Partisipasi pegiat anti narkoba dalam implementasi program P4GN yaitu :

  • Peran Aktif lingkungan kerja Perusahaan Swasta/Masyarakat/Pendidikan menggagas dan melaksanakan program yang berkaitan dengan P4GN.
  • Bersinergi dengan BNN dalam Program P4GN ataupun secara mandiri.
  • Pelibatan seluruh komponen untuk menjadi penggiat anti Narkoba.
  • Adanya Rencana Aksi/Rencana Kegiatan P4GN.

Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada penggiat anti narkoba tersebut merupakan salah satu program BNNP di tahun 2016. Ia juga menjelaskan, dengan strategi seperti ini diharapkan para penggiat anti narkoba bisa lebih mandiri.” Mereka bisa membuat kegiatan, merencanakan kegiatan, dan belajar membuat laporan hasil kegiatan mereka sendiri, sehingga keberadaan penggiat anti narkoba lebih efektif dan efisien,” katanya.

Kombes Pol Drs. Ardhie Subandri, M.Si. menambahkan, para penggiat anti narkoba ini berasal dari berbagai berbagai perwakilan lapisan masyarakat. “Kami berharap dengan strategi ini dapat menurunkan angka pemakai narkoba di Bangka Belitung,” ungkapnya. Dia menambahkan, bimbingan teknis ini merupakan salah satu strategi BNNP di 2016. Karena dengan bimbingan teknis ini, para penggiat anti narkoba akan dilatih dalam membuat kegiatan, merencanakan, dan melaporkan hasil kegiatan. Sehingga kedepannya, BNNP bisa melihat keberhasilan para penggiat anti narkoba di lapangan. “Mereka akan terus diberi bimbingan oleh BNNP sampai mereka benar-benar bisa mensosialisasikan P4GN di masyarakat,” pungkasnya.

Comments