Jadwal Retensi Arsip Instrumen Efisiensi Penyelenggaraan Negara

Lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia, Direktorat Kearsipan Daerah II  mengadakan Bimbingan dan Konsultasi Penyusunan Jadwal Retensi Arsip (JRA) Substansif di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerjasama dengan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tanggal 6-7 Oktober 2016. Peserta berjumlah 30 orang yang terdiri dari eselon 3, para arsiparis, dan Staf yang mengelola kearsipan dari Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Kota/Kab, dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Acara dimulai dengan kata sambutan oleh Bapak Gunawan selaku Ketua Panitia. Bapak Gunawan yang saat ini menjabat sebagai  menyampaikan bahwa Jadwal Retensi Arsip adalah salah satu kelengkapan agar arsip dinamis dapat dikelola dengan baik. Ketiadaan JRA akan mendatangkan berbagai masalah seperti Penumpukan arsip, ruangan kerja tidak kondusif,  dan arsip menjadi sulit ditemukan kalau tidak terkelola dengan baik. Sehingga JRA sangat diperlukan sebagai pedoman penyusutan dan pemeliharaan arsip.

Bimbingan dan Konsultasi Penyusunan Jadwal Retensi Arsip kemudian dibuka oleh Bapak Andi Kasman selaku Deputi Bidang Pembinaan di Lembaga Arsip Nasional RI. Bapak Andi Kasman dalam sambutannya menyampaikan bahwa seorang Arsiparis harus selalu tampil ceria dan penuh semangat walau pekerjaannya bergelut dengan arsip yang biasanya tidak lepas dari debu. Pemerintah telah menetapkan arsip sebagai urusan wajib. Sehingga lembaga kearsipan harus berbentuk dinas. JRA berdasarkan PP no 08 tahun 1979 adalah salah satu alat untuk efisiensi penyelenggaraan Negara. Arsip yang dimusnahkan tanpa prosedur yang semestinya bisa dikenai pidana. Fungsi JRA adalah sebagai pedoman penyusutan arsip dan sebagai pedoman penyelamatan arsip.

Bersamaan dengan dibukanya kegiatan, Bapak Andi Kasman selaku Ketua AAI Pusat juga melantik Pengurus Asosiasi Arsiparis Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pengurus dilantik untuk masa tugas 2016-2020.

Comments