MENCARI ILHAM

Oleh: Achmad Faisal, S.Psi

Populasi manusia dimuka bumi semakin padat saja. Menurut Biro Sensus Amerika pada 1 Januari 2015 berjumlah 7,2 miliar orang (www.Voaindonesia.com). Sedangkan manusia di Indonesia, saat ini berjumlah 255 juta orang, merupakan negara berpenduduk nomor 4 terbesar didunia (www.indonesia-investments.com).

Populasi manusia dimuka bumi yang semakin padat, berbandinng lurus dengan permasalahannya yang semakin komplek. Untuk itu diperlukan strategi dan upaya penanggulangan dan pemecahan masalah yang bersifat individual ataupun secara global, guna mempertahankan eksistensi diri dan umat manusia serta bumi secara keseluruhan.

Strategi dan upaya utama penanggulangan dan pemecahan masalah tersebut dewasa ini dengan melalui inovasi. Suatu inovasi didahului oleh kreativitas. Kreativitas didahului oleh berpikir kreatif dengan cara berpikir atau olah mental akal pikiran. Berpikir diawali dengan cara memunculkan ide, gagasan, inspirasi atau ilham. Dalam hal ini ilham yang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai sesuatu yang menggerakkan hati untuk mencipta (googleweblight.com)

Dalam prakteknya, suatu ide, gagasan, inspirasi atau ilham itu kadang kala tidak muncul bahkan buntu. Hambatan dalam mendapatkan ilham ini bisa bersifat internal atau eksternal. Inilah femeo dimasyarakat yang kadang terdengar bahwa ide gagasan ilham itu yang justru mahal.

Mencari dan memunculkan ilham dapat dengan mencermati hal berikut:

  1. Ciri Diri Pribadi (kepribadian)
  2. Faktor kebiasaan.

Setiap orang mempunyai kebiasaan atau pola tertentu dalam olah mental dan aktualisainya. Begitu juga dalam hal mengolah mental dan memunculkan ilham, setiap orang dengan kebiasaan tertentu. Bagi perokok ilham seringkali muncul saat merokok di dalam kamar mandi. Bagi seorang pecandu kopi ilham seringakali didapat saat sedang minum kopi. Moment tertentu yang biasanya muncul ilham-ilham ini dapat dijadikan momentum (pengkondisian) dalam rangka memunculkan ilham.

  1. Cara kerja otak

 Otak merupakan pusat olahan mental proses kognitif. Ada dua belahan utama otak manusia, kiri dan kanan. Masing-masing belahan otak tersebut dengan fungsi utama masing-masing. Dalam penelitian otak kanan dengan salah satu pola kerjanya berupa kreativitas. Maka mengoptimalkan kreativitas dari segi fungsi otak dengan banyak memberdayakan dan melatih otak kanan.

  1. Think In the Box VS Think Out the Box

    Think In the Box merupakan perilaku berpikir yang umum dilakukan. Sedangkan Think Out the Box merupakan perilaku berpikir yang tidak umum dilakukan, dengan cara yang diluar kebiasaan, pola, dan sudut pandang yang berbeda. Dengan Think Out the Box sudut pandang menjadi lebih luas dan dapat memunculkan ilham yang berbeda dengan kebanyakan orang pada umumnya.

  1. Berangkat dari permasalahan dan persoalan

Bila ilham dalam rangka mencari solusi, maka memunculkan ilham tidak hanya berangkat dari masalah, yang bermakna negatif saja. Namun dapat juga berangkat dari persoalan, dengan makna positif. Misal dalam hal kinerja, yang tidak ada masalah, kategori baik-baik saja, namun bisa menjadi persoalan bila kinerja ingin dioptimalkan lagi dari keadaan sebelumnya yang sudah baik.

  1. Deadline

Waktu yang sudah tersisa sedikit dapat menjadi motivasi dan fokus mental terhadap suatu hal. Biasanya pada saat itu ide justru dapat mengalir begitu banyak atau lancar.

  1. Shopping

Metode ini dapat dilakukan dengan lebih banyak memfungsikan audio visual dan kinestetik. Dengan lebih meningkatkan kuantitas dan kualitas aktivitas audio visual kinestetik, berupa sering melihat, mendengar, menyentuh  akan memunculkan ilham.

  1. Berkhyal

Imajinasi, yakni olah mental berpikir dan rasa, merupakan salah satu gerbang guna mendapatkan ilham.

  1. Doa

Ilham adalah milik Sang Maha Pencipta, Sang Maha Kuasa. Berdoa meminta ilham  kepada pemiliknya adalah sebuah keniscayaan.

Berperan utama dalam kancah dunia dalam memberikan solusi dunia yang semakin padat dan komplek, dengan ide dan gagasan (ilham)nya merupakan hal yang luar biasa. Menjadi presiden, raja, menteri, panglima perang, peneliti, dokter merupakan profesi-profesi utama dan mulia itu. Tetapi, tidak semua orang bisa dan berkesempatan seperti itu. Akan tetapi, berperan serta memberikan solusi terhadap permasalahan dan persoalan umat manusia dan dunia dapat dilakukan oleh semua orang, melalui ilham-ilham yang didapat setiap orang, minimal, guna pemecahan masalah bagi diri sendirinya sendiri, yang secara tidak langsung adalah juga sumbangan solusi bagi manusia dan dunia global.

DAFTAR REFERENSI

– Faisal, Achmad. 2016. Bahan Ajar dan Bahan Tayang Berpikir Kreatif dan inovasi.

– googleweblight.com. 2016. Arti kata “Ilham” Menurut KBBI. Diunggah tanggal 23 Desember 2016

www.indonesia-investments.com. Populasi Indonesia-Penduduk-Demografi & Potensi Ekonomi. Diunggah tanggal 23 Desember 2016

www.Voaindonesia.com Jumlah Penduduk dunia Terus Menanjak. Diunggah tanggal 23 Desember 2016

Comments